Sabtu, 02 November 2019

Pengalaman Mistis Sebab Lupa Membuang Kembar Mayang Sehabis Prosesi Pernikahan


Hi guys, welcome back to my blog. Kali ini saya akan membahas wacana sebuah simbol yg identik dengan rangkaian upacara komitmen nikah di tempat Jawa Tengah, terutama tempat Banyumas yaitu kembar mayg. Apakah kembar mayg itu? Banyak orang di luar sana merasa ingin tau terhadap 'kerajinan tangan' yg terbuat dari materi dasar janur kuning ini. Sebenarnya apakah makna di balik pembuatan kembar mayg?

Di tempat Jawa Tengah kembar mayg termasuk ke dalam sarana dalam upacara sopan santun komitmen nikah yg harus ada. Menurut nenek moyg saya, kembar mayg hadir dengan aneka macam fungsi. Salah satu fungsi yg biasa digaungkan oleh orang bau tanah di tempat saya, kembar mayg akan menjadi penolak bala atau mara ancaman bagi kedua mempelai. Soal percaya atau tidak, itu semua menjadi hak pribadi masing-masing.

Bagaimana asal seruan kembar mayg? Nah, pada zaman dahulu kala kembar mayg dibentuk khusus untuk program kerajaan. Namun seiring dengan perubahan zaman, kembar mayg juga hadir dalam program komitmen nikah rakyat biasa. Hingga dikala artikel ini ditulis, penggunaan kembar mayg dalam program komitmen nikah masih dilsayakan oleh sebagian besar masyarakat. Termasuk juga keluarga saya. Kebetulan beberapa hari yg kemudian saya gres saja melangsungkan program pernikahan. Selain ijab qabul, upacara komitmen nikah sopan santun Banyumas juga dilangsungkan dengan penuh khidmat. Sehari sebelum program komitmen nikah dilangsungkan, sang 'dukun manten' akan menciptakan kembar mayg. Sesuai dengan namanya, kembar mayg ini berjumlah sepasang. Kembar mayg akan dibawa oleh 2 orang pagar anggun sepanjang program temu penganten.

Cerita di Balik Kembar Mayg
Saya pribadi bahwasanya tidak terlalu paham mengenaik sopan santun Banyumas atau sopan santun Jawa yg berbau klenik atau kejawen. Maka dari itu di artikel ini saya hanya akan menuliskan pengalaman saya terkait kembar mayg ini.

Menurut pengetahuan saya berdasarkan gosip yg saya rangkum dari aneka macam literatur maupun dari beberapa narasumber langsung, filosofi di balik pembuatan kembar mayg sangatlah sarat makna. Ada yg menyampaikan kalau fungsi kembar mayg dalam komitmen nikah sanggup untuk melihat apakah pasangan pengantin masih perawan/perjaka atau tidak. Menarik sekali bukan? Ada juga yg menyampaikan kalau kembar mayg sanggup menolak balak maupun gangguan makhluk halus yg biasanya suka mengganggu pengantin baru. Allahua'lam.

Pengalaman Terkait Kembar Mayg
Kata orang bau tanah zaman dahulu, kembar mayg itu menyimpan sebuah filosofi di balik pembuatannya. Kembar mayg berdasarkan kepercayaan orang Jawa dipinjam dari para ilahi (atau apalah namanya) untuk melindungi pengantin di hari persandingannya supaya tidak diganggu oleh para makhluk halus. Nah, alasannya yaitu kembar mayg ini didapat dengan cara meminjam, maka sesudah upacara komitmen nikah selesai dihelat maka kedua mempelai harus segera mengembalikannya.

Bagaimana cara mengembalikan kembar mayg kepada para dewa? Orang bau tanah zaman dahulu percaya bahwa cara mengembalikan kembar mayg kepada para ilahi yaitu dengan cara mebuangnya di perempatan jalan. Selain itu kedua mempelai juga sanggup menggunakan cara kedua yaitu dengan melarungnya (menghanyutkannya) di sungai. Membuang kembar mayg harus dilsayakan segera sesudah program resepsi berakhir. Pada umumnya kedua mempelai akan membuang kembar mayg tersebut keesokan harinya sesudah resepsi.

Bagaimana Apabila Kembar Mayg Tidak Segera Dibuang
Pertanyaan ini muncul secara impulsif begitu saja di benak saya. Apesnya, saya tidak eksklusif mempertanyakannya pada orangtua ataupun orang yg dituakan di tempat saya. Karena tidak tahu, saya santai saja menjalani program sopan santun tanpa memikirkan soal kembar mayg & segala kepercayaan tentangnya.

Malam pertama masih sanggup saya lalui dengan tenang, keesokan harinya saya menyapu halaman rumah yg sangat kotor akhir sisa sampah yg berantakan sesudah resepsi. Kembar mayg terlihat diletakkan begitu saja di bawah pohon durian depan rumah. Saya pikir memang sengaja ditaruh di sama untuk dijadikan pupuk organik. Sore menjelang & saya masih beraktivitas ibarat biasanya. Hanya saja malam itu suasana agak berbeda & entah kenapa anjing & kucing berkumpul di depan rumah sambil meman&g ke arah bawah pohon durian.

Saya pergi tidur sekitar pukul 12.00 malam. Kebetulan hari itu saya se&g menstruasi dimana berdasarkan ilmu ghaib, perempuan yg se&g haid sangat gampang diganggu oleh makhluk halus. Mengetahui hal tersebut, menjelang tidur saya berdoa lebih usang dari biasanya. Tanpa dinyana malam itu saya mengalami insiden ghaib yg agak sulit dicerna dengan logika.

Di dalam tidur saya, saya terbangun & melihat suami saya berkembang menjadi sangat menakutkan ibarat citra hantu di film horor. Secara reflek saya lompat dari tempat tidur & berteriak minta tolong. Setelah itu ibu & adik saya tiba menghampiri ketika saya sudah terduduk lemas di lantai dalam kondisi masih setengah sadar.

Kata bapak saya, kembar mayg ini yaitu pinjaman dari ilahi untuk mengecoh para jin yg akan mengganggu pengantin. Menurut dongeng nenek moyg, para jin akan asyik bermain dengan kembar mayg hingga lupa untuk mengganggu kedua mempelai. Nah, sesudah upacara komitmen nikah berakhir sebaiknya kembar mayg segera dikembalikan kepada para ilahi dengan cara dibuang di perempatan jalan atau di sungai supaya para jin terus asyik bermain kembar mayg. Jangan terus menyimpan kembar mayg di bersahabat rumah alasannya yaitu jikalau para jin sudah bosan bermain kembar mayg, mereka akan beralih mengganggu kedua mempelai.

Percaya atau tidak, alasannya yaitu lupa tidak segera membuang kembar mayg, ditambah lagi kondisi saya yg pada dikala itu se&g lemah alasannya yaitu menstruasi, gangguan ghaib tiba di malam kedua. Rasanya diculik ke dimensi lain benar-benar tidak karuan. Alhamdulillah ibu & suami saya setia menemani sambil membacakan doa-doa. Pagi itu saya tidak sanggup memejamkan mata hingga subuh tiba. Sambil memikirkan insiden yg gres saja saya alami, saya terus memohon dukungan pada Allah.

Bismillahi, keesokan paginya saya & suami bergegas membuang kembar mayg yg sudah berada di rumah saya selama 2 hari. Kami membuangnya di sungai Serayu diiringi bacaan bismillah & memohon dukungan Allah dari segala godaan jin & setan yg terkutuk. Alhamdulillah dengan keyakinan akan pertolongan Allah & juga ditambah kondisi ba& saya yg telah kembali suci (selesai menstruasi), malam berikutnya berlalu dengan tenang & damai. Hanya ada bunyi auman kucing yg sesekali nongkrong di depan kamar saya. Kata orangtua kucing yg rewel ibarat itu sanggup jadi tkamu hadirnya makhluk halus. Allahua'lam, saya memperkuat lantunan doa saja & atas izin Allah kucing itu berhenti mengeong.

Kesimpulan
Kembar mayg hanyalah simbol, pada alhasil segala kekuatan & kekuasaan hanyalah milik Allah semata. Bagi menghindarkan diri dari segala macam aral & balak, cara paling sempurna yaitu dengan memohon kepada-NYA semata-mata. Apabila Anda hendak melangsungkan upacara komitmen nikah & menggunakan kembar mayg, perbanyaklah doa & jangan lupa untuk segera membuangnya sesudah program selesai.

Sekian dulu artikel yg sanggup saya sampaikan hari ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat bagi Anda & tidak lupa saya ucapkan hingga jumpa di ulasan berikutnya yg insyaa Allah bermanfaat. ^_^

(diens)

Pengalaman Mistis Sebab Lupa Membuang Kembar Mayang Sehabis Prosesi Pernikahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29