Kamis, 26 September 2019

Cara Mengatasi Duri Ikan Nyangkut Di Tenggorokan


Cara mengatasi ketulangan duri ikan di tenggorokan. Di hari yg cerah begini memang paling enak makan sambal gurame pakai nasi hangat. Selain mengenygkan, sensasi lembutnya daging gurameh juga begitu memanjakan lidah. Apesnya, ka&g duri ikan tidak sengaja ikut tertelan bersama nasi. 

Kalau terlanjur ketulangan duri ikan begitu, kenikmatan makan ikan jadi terusik deh. Tapi hening saja & tidak usah panik. Baca saja doa ketulangan duri ikan kemudian dilanjut atasi duri ikan nygkut di tenggorokan dengan langkah berikut.

Doa Ketulangan Duri

Ketika ada duri yg ikut tertelan & menygkut di tenggorokan itu rasanya tidak karuan. Apalagi kalau ukuran durinya cukup besar. Tercekik tulang ikan di leher itu rasanya sangat menyiksa. Bagi berbicara terasa nyeri, terlebih ketika harus menelan sesuatu sangat sakit.

Bagi mengatasi tersedak duri di leher ibarat ini pertama-tama, aku sarankan Anda untuk berdoa terlebih dahulu & memohon dukungan dari Allah subhanahu wata'ala. Sudah tahu ibarat apa doa untuk orang ketulangan duri ikan?

Anda sanggup membaca ayat dingklik & kalimat laa haula walaaquwwata ilaabillah sebanyak 3 kali kemudian ditiupkan ke air minum & minumlah air tersebut. Mohonkan pada Allah untuk segera menghancurkan duri yg melintang di tenggorokan Anda tersebut dengan segera.

Di dalam ayat tersebut terdapat kalimat berserah diri pada Allah serta permohonan atas pertolongan-Nya untuk persoalan yg se&g kita hadapi. Dengan membaca doa tersebut maka duri ikan yg nygkut akan lebih cepat hancur atas kuasa Allah. Aamiin.

Tips Mengatasi Kelolotan Tulang Ikan

Menelan duri ikan secara tidak sengaja sering disebut dengan istilah ketulangan. Setelah berdoa dengan doa yg aku sebutkan di atas, segera lanjutkan ke cara menghilangkan ketulangan di leher yg berikutnya. 

Apabila Anda mencari gosip perihal cara menghilangkan tulang ikan yg tersangkut di tenggorokan di internet biasanya tips yg paling terkenal yakni dengan menelan kepalan-kepalan nasi hangat tanpa dikunyah. Betul ya?

Katanya sih nanti duri ikan yg nygkut akan ikut terbawa bersama nasi ke lambung. Bisa jadi pernyataan ini ada benarnya. Hanya saja berdasarkan aku cara ini hanya sanggup bekerja dengan syarat duri ikannya kecil & posisinya juga tidak melintang tepat di tenggorokan. 

Pada kasus duri ikan yg ukurannya cukup besar & ia menygkut dengan posisi melintang sempurna, kemungkinan cara ini tidak akan sukses. Bagi menghilangkan rasa mengganjal di tenggorokan, ada juga cara lainnya yg sanggup Anda coba tempuh. 

Siapkan air putih hangat yg dicampur dengan sejumput garam. Telan beberapa teguk saja. Sifat garam yg mengikat air diperlukan sanggup membantu biar tulang ikan lebih cepat lapuk. Tapi harus diingat bahwa air garam tidak sanggup dikonsumsi dalam jumlah banyak alasannya yakni sanggup mengakibatkan dampak kehilangan cairan tubuh & penyusutan sel. 

Bukan hanya hingga di situ saja. Kalau cara di atas belum juga membuahkan hasil, untuk mempercepat hilangnya tulang ikan dari tenggorokan Anda, tetaplah mengkonsumsi makanan ibarat biasanya. Tenang, duri ikan nygkut di tenggorokan sanggup hancur sendiri kok.

Mungkin rasanya akan sedikit tidak nyaman & tenggorokan terasa sakit sekali ketika menelan sesuatu tapi Anda harus tetap melsayakannya. Semakin hari duri ikan akan menjadi semakin lunak dengan sendirinya oleh proses pembusukan alami.

Masih Sakit Setelah Beberapa Hari

Pada kasus yg lebih serius, rasa sakit mungkin tidak juga hilang bahkan sesudah lebih dari 3 hari berlalu. Apabila tenggorokan Anda masih terasa sakit sesudah mencoba banyak sekali cara menyembuhkan tenggorokan sakit untuk menelan akhir ada duri ikan yg tersangkut, sebaiknya segeralah memeriksakan diri pada dokter seorang mahir THT.

Apabila tenggorokan Anda bahkan hingga bengkak, sanggup jadi itu merupakan tkamu terjadinya ra&g atau infeksi. Dokter seorang mahir THT akan mengusut seberapa jauh tingkat keparahan kasus kemudian menawarkan perawatan medis terbaik. Dengan perawatan yg sesuai diperlukan rasa sakit yg Anda alami sanggup segera teratasi.

Tips Mencegah Ketulangan Duri Ikan

Saya harap Anda tidak merasa trauma akhir menelan duri ikan dengan tidak sengaja. Kejadian yg menimpa Anda ini mungkin sanggup menawarkan sebuah ingatan jelek dalam hidup Anda. Akan tetapi dari tragedi ini ada satu pelajaran yg sanggup diambil.

Ikan atau pisces termasuk salah satu makanan enak dari keluarga besar vertebrata air yg mempunyai lebih dari 27.000 spesies berbeda. Akan sangat disaygkan jikalau Anda tidak sanggup mengkonsumsinya lagi hanya alasannya yakni rasa trauma akhir ketulangan ikan.

Saya punya beberapa tips yg sudah terbukti ampuh untuk mencegah ketulangan duri ikan. Alhamdulillah dengan tips ini aku jadi sanggup tetap menikmati lezatnya aneka olahan ikan yg nyummy tanpa khawatir kalau hingga duri ikannya tertelan. 

Setelah mempraktekkan tips ini alhamdulillah aku selalu baik-baik saja ketika makan ikan. Seperti apa tipsnya? Sambil terus membaca, coba pikirkan satu jenis olahan ikan favorit Anda sambil ikuti cara mencegah ketulangan ala saya. Berikut dia!

#1 Pahami Jenis Ikan yg Anda Makan

Seperti apa yg telah aku sebutkan di atas, ikan terdiri dari ribuan spesies yg berbeda-beda. Maka dari semua jenis ikan tersebut niscaya mempunyai struktur tulang yg berbeda-beda pula satu dengan yg lainnya. 

Ada jenis ikan konsumsi yg mempunyai duri sangat banyak & kecil-kecil ibarat ikan mujaer & bandeng. Ingat untuk membuang duri-duri kecil pada ikan sebelum ikan itu memasuki lisan Anda. Dengan begitu kemungkinan untuk ketulangan pun menjadi lebih kecil.

Memang agak sulit atau lebih tepatnya ribet untuk membuang duri-duri kecil itu. Apabila tidak telaten, Anda sanggup mencoba cara berikutnya yg lebih mudah di bawah ini. 

#2 Cara Memasak

Bagi jenis ikan dari spesies ikan berduri super banyak & kecil-kecil ibarat bandeng, ada cara memasak khusus yg harus diterapkan. Cara ini dilsayakan untuk mencegah terjadinya hal-hal yg tidak diinginkan ketika ikan dikonsumsi. 

Cara terbaik untuk mengolah ikan berduri banyak yakni dengan menggoreng ikan hingga benar-benar kering. Cara lainnya yakni dengan mengolah ikan tersebut memakai panci presto. Dengan cara ini ikan akan menjadi lunak hingga ke tulangnya.

Apabila Anda mengolah ikan dengan cara tersebut maka tidak perlu khawatir lagi akan tersedak duri ikan alasannya yakni durinya sudah berubah jadi lunak & gampang hancur dikala dikunyah.

#3 Cara Makan

Tips terakhir dari aku yaitu pastikan Anda mengunyah ikan dengan baik hingga benar-benar hancur sebelum ditelan. Jangan terlalu terburu-buru waktu mengunyah ya. Idealnya, kunyah makanan minimal sebanyak 30 kali sebelum ditelan.

Duri-duri kecil pada ikan seringkali tidak terlihat dengan terang oleh mata & sialnya, hal inilah yg sering menciptakan banyak orang tidak sengaja menelan duri bersama nasi.

Takeaway

Ketulangan ikan tidak sanggup dianggap remeh temeh. Meski duri ikan memang mempunyai ukuran relatif kecil akan tetapi ketika duri tersebut sudah menancap di kerongkongan dalam posisi melintang, tidak menutup kemungkinan akan memicu terjadinya infeksi. 

Apabila duri itu cukup besar & menancap cukup besar lengan berkuasa pada tenggorokan maka cara menghilangkannya juga lebih sulit. Jalan terakhir yakni dengan segera menghubungi dokter untuk mendapat tindakan medis yg cepat & tepat.

Jangan hingga lupa untuk tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi aneka olahan ikan kesukaan Anda. Well, sekian dulu dari aku untuk kali ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat & tidak lupa aku ucapkan hingga berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! 

Mempunyai pertanyaan, kritik, & saran terkait goresan pena di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^


(diens)

Cara Mengatasi Duri Ikan Nyangkut Di Tenggorokan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29