Selasa, 22 Oktober 2019

Pro Dan Kontra Ihwal Ancaman Vaseline Petroleum Jelly


Siapa yg gres pernah mendengar produk vaseline petroleum jelly? Produk dari merk ternama Vaseline ini telah diluncurkan semenjak tahun 1800-an silam. Sejak pertama kali ditemukan di Amerika pada tahun 1859 hingga dikala ini Vaseline petroleum jelly masih menjadi produk yg banyak dipilih oleh masyarakat sebagai media perawatan kulit yg kondusif & mujarab. 


Namun siapa sangka di balik kepopulerannya yg melegenda ternyata produk ini menyimpan begitu banyak pro & kontra. Meski orang yg terbantu oleh vaseline tak terhitung jumlahnya, ternyata ada juga sebagian kecil yg menyatakan petroleum jelly berbahaya untuk kulit. 

Sejarah Penemuan Vaseline Petroleum Jelly

Dilansir dari official website Vaseline, pada tahun 1959 Robert Augustus Chesebrough spesialis kimia berkebangsaan Inggris mulai mengadakan penelitian ihwal hasil sampingan penyulingan minyak bumi di Pennsylvania yg ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit. 

Setelah penelitian yg dilsayakan selama tidak kurang dari 5 tahun alhasil Chesebrough berhasil menemukan cara memurnikan petroleum jelly dengan tiga tahap pemurnian. Segera sesudah itu kemudian Chesebrough pun mematenkan penemuannya itu. 

Pada tahun 1872 Chesebrough mendaftarkan produk ini dengan nama Vaseline & pada tahun 1874 Vaseline mulai dijual di seluruh Amerika. Pada tahun 1880-an Vaseline berhasil terjual dalam jumlah yg spektsayaler & diterima oleh konsumen dengan sambutan yg sangat baik. Seiring kesuksesannya kabar jelek pun datang. 

Berbagai produk Vaseline tiruan bermunculan di pasar. Hal ini membuat sang penemu membuat segel berwarna biru untuk membedakan produk yg asli. 

Dengan segel biru ini konsumen sanggup membedakan produk yg mengandung vaseline orisinil melalui tiga tahap pemurnian & yg tiruan. FYI, segel biru inilah yg masih terus digunakan bersama logo khas Vaseline hingga hari ini.

Vaseline Petroleum Jelly Terbuat Dari Apa

Di tengah gosip pro & kontra ihwal produk jelly keluaran Vaseline ini aku sebagai konsumen pun mulai mencicipi keresahan & mulai tergerak untuk mencari fakta yg sebenarnya. Vaseline jelly ini yaitu petroleum jelly atau petrolatum yg terbuat dari inti minyak & lilin yg diolah melalui stkamur kemurnian yg sangat ketat

Zat petrolatum di sini mempunyai fungsi sebagai materi utama dari produk pelembab Vaseline. Bisa dibilang kalau Vaseline petroleum jelly merupakan produk skin care pertama sepanjang sejarah berdirinya perusahaan ini. Bisa kita dipahami ya dears bahwa petroleum jelly di dalam vaseline telah dimurnikan & sanggup digunakan secara aman.

Kenapa Vaseline Petroleum Jelly Aman Bagi Kulit

Meski terbuat dari inti minyak & lilin, produk ini bukanlah zat sisa penyulingan minyak menyerupai yg Anda baygkan melainkan hasil sampingan yg telah dimurnikan melalui tiga tahap pemurnian super ketat. 

Jadi, produk ini telah dipastikan murni ketika tiba di tangan Anda. Pastikan Anda membeli produk yg mempunyai segel tiga tahap pemurnian pada kemasannya untuk menghindari produk tiruan. 

Baca juga: Membuat Wajah Glowing dengan Vaseline Petroleum Jelly

Produk yg orisinil juga tidak mengandung pewangi, tidak akan menyumbat pori, bebas dari efek iritasi, & juga tidak akan mengakibatkan alergi kulit. Bahkan produk ini disayai oleh National Eczema Association sebagai produk yg sempurna untuk penanganan pasien dengan keluhan eksim & kulit sensitif. Kalau ada yg menyampaikan produk ini akan membuat barrier di kulit maka semua statement itu sangat tidak ilmiah.


Kontra Terhadap Vaseline Petroleum Jelly

Berdasarkan hasil riset aku dengan mencari informasi dari banyak sekali sumber di internet, di dikala orang-orang di satu sisi bersaksi telah mencicipi kebaikan vaseline untuk dirinya ternyata di sisi lain ada juga beberapa pihak yg mengklaim petroleum jelly tidak seharusnya digunakan untuk kulit alasannya yaitu berbahaya

Mungkin Anda juga pernah membaca beberapa blog yg membahas dampak negatif dari penggunaan petroleum jelly dengan pembahasan yg sangat &gkal. Salah satunya akan aku bahas di bawah ini.

Dilansir dari situs edrugsearch, di sana dijabarkan mengapa penulis tidak oke terhadap penggunaan petrolatum untuk kulit, terlebih untuk bayi. Di sana disebutkan 4 alasan mengapa vaseline jelek bagi Anda:

  1. Vaseline mengandung hidrokarbon yg berbahaya. Mereka berkata hidrokarbon yaitu racun yg sangat berbahaya untuk kulit.
  2. Menyebabkan kerusakan kolagen. Katanya vaseline akan memblokade pori kulit & menghalanginya untuk menyerap nutrisi & bernafas. Dengan demikian struktur kolagen di kulit akan rusak.
  3. Meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh. Katanya vaseline mengandung xenoestrogens, substansi kimia yg bertindak menyerupai estrogen dalam tubuh.
  4. Bisa memicu terjadinya pneumonia. Pneumonia yaitu sebuah penyakit langka yg menyerang paru-paru. Kondisi ini sanggup terjadi ketika vaseline terhirup & masuk ke dalam paru-paru maka ia akan mengendap di sana. Kalau jumlahnya cukup banyak memang sanggup memicu pera&gan di paru-paru.


Efek jelek tersebut kemungkinan besar akan terjadi pada Anda kalau memakai produk (petroleum jelly) yg belum dimurnikan secara menyeluruh atau juga produk tiruan. Sisa penyulingan minyak bumi pastilah tidak akan baik kalau dioleskan ke kulit dalam kondisi apa a&ya. Akan tetapi hal sebaliknya akan terjadi ketika produk sampingan (petroleum jelly) tersebut telah dimurnikan. CMIIW ^_^

Kesimpulan

Sebagai konsumen yg bijak tentunya kita harus mencari informasi yg benar dari sumber terpercaya sebelum memutuskan tindakan apa yg akan kita ambil terkait isu tertentu. Apalagi ini menygkut kesehatan kulit secara khusus & juga kesehatan badan kita secara umum. 

Gunakan pikiran yg jernih ketika menimbang dua informasi berlawanan. Lsayakan analisis memakai logika & jangan mau dikendalikan oleh tendensi ke salah satu opini. Nilailah keduanya sebagai konsumen dengan netral.

Sebagai pemilik merk besar yg telah menemani konsumennya selama berabad-abad lamanya, tentu Vaseline mustahil mengeluarkan produk yg sanggup membahayakan konsumen kecuali kalau mereka ingin perusahaannya mengalami masalah. 

Setelah Anda membaca seluruh informasi yg aku sertakan di sini, silakan memutuskan untuk terus memakai produk ini ataukah menentukan untuk mencoba alternatif lain. Always be a smart and and wise customer dears!

Oh iya dikala ini vaseline petroleum jelly juga sudah punya nama baru yg lebih tidak kontroversial. Nama barunya yaitu vaseline repairing jelly. Nice, isn't it? Coba cek ke toko langganan Anda & temukan vaseline kesaygan Anda dengan nama barunya.

Semoga artikel ini bermanfaat & hingga jumpa lagi di goresan pena aku berikutnya! ^_^


(diens)

Pro Dan Kontra Ihwal Ancaman Vaseline Petroleum Jelly Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29