Senin, 28 Oktober 2019

Diet Bagi Penderita Infeksi Agar Cepat Sembuh, Berikut Pantangannya!



Hai teman-teman semuanya...? Welcome back to my personal blog. I am so happy to see you here. Hari ini aku mau bertanya sedikit boleh ya? Apakah Anda se&g dilkamu problem nanah membandel yg menciptakan galau? Kalau balasan Anda iya, baca terus goresan pena ini hingga habis.

Sebenarnya Apa Sih Penyebab Jerawat?
Jerawat memang problem kulit yg sangat umum & mungkin semua orang pernah mengalaminya, termasuk aku pastinya. Dulu aku pernah mengalami problem nanah yg cukup mengganggu & tidak kunjung sembuh. 

Tidak tanggung-tanggung aku bahkan pernah mengalami hampir semua jenis jerawat. Serius! Mulai dari nanah batu, komedo hitam, komedo putih, nanah merah yg gatal bukan main, hingga nanah putih yg ibarat nasi. Eh jadi curhat deh. Hihi...

Seseorang pernah berkata pada aku melalui tulisannya bila nanah ialah permasalahan mereka yg se&g menginjak masa remaja. Bahwa nanah ialah suatu problem ketidakstabilan hormon. Benarkah? Selama berhari-hari aku merenungkan kalimat ini dalam-dalam & melsayakan riset kesana-kemari. Kenyatannya, perkataan ini tidaklah sepenuhnya benar! 

Faktanya ada begitu banyak faktor yg bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat. Secara garis besar daftarnya ada di bawah ini:
1. Asupan masakan & minuman,
2. Hormon,
3. Stress,
4. Kebersihan kulit. 

Dalam hal kebersihan kulit, ini akan berkaitan bersahabat dengan makhluk hidup bernama propionibacterium acne yg dikenal sebagai biang kerok timbulnya jerawat. Dia punya nama beken "bakteri jerawat". Kenal???

My Acne Story
Berbagai cara telah aku coba pada ketika itu untuk mengusir nanah di wajah aku yg entah kenapa sulit sekali hilang. Semakin aku mencoba krim atau aksesori yg katanya "AMPUH" justru semakin tidak karuan wajah saya. 

Sayapun bergumam dalam hati, wah cuma jadi target bisnis krim wajah nih saya! Kesal iya sudah jelas. Sampai pada suatu hari riset & renungan aku hingga pada titik temu. Huah!

At the end of the research, aku pun hingga pada sebuah kesimpulan. Pasti ada yg salah dengan proses pengeluaran racun & sisa metabolisme dalam badan ini sehingga jumlah lemak & toksin terus menumpuk. Belum lagi masih ditambah kontaminasi aneka krim dengan banyak sekali materi kimia apalah entah. 

Terakhir yg paling parah ialah kondisi aku yg stress melihat wajah penuh jerawat. Ya sudah kapan mau sembuhnya kalau begitu terus? Semakin stress maka semakin kacau hormon, semakin aktif kelenjar sebasea, semakin subur jerawat. Ugh!

Akhirnya aku berkesimpulan untuk mengubah diet sehari-hari saya. Dalam artian mengubah asupan masakan menjadi lebih sehat & menghindari banyak sekali jenis masakan yg bisa memicu jerawat. Seperti apa dietnya? Ikuti terus ceritanya.

Makanan di bawah ini ialah yg aku hindari selama jerawatan:

#1 Seafood
Apa hubungan seafood denga jerawat? Seafood itu bukan cuma ikan tapi mencakup jenis cumi & lain sebagainya. Secara umum, seafood hidup di ekosistem bahari yg tidak sanggup dijamin kebersihannya maupun kemurniannya. Seperti yg kita ketahui bersama, bahari merupakan muara dari semua sungai di daratan. 

Sialnya, pada masa ibarat kini ini sangat banyak insan tidak bertanggungjawab yg gemar membuang sampah sembarangan di sungai. Lebih dari itu pabrik-pabrik juga banyak yg membuang limbah industri mereka ke sungai. 

Hal mengerikan dari rantai ini ialah semua itu akan bermuara ke lautan luas. Dengan kata lain fauna bahari akan terkotori banyak sekali zat sampah buatan manusia. Apabila Anda mengkonsumsinya, bukan hal mengejutkan kalau nanah jadi bermunculan. Apabila Anda ingin mengkonsumsi ikan, pilihlah ikan air tawar daripada seafood.

#2 Gorengan
Apa hubungan gorengan dengan jerawat? Jerawat terjadi alasannya ialah jumlah lemak di badan kita terlalu banyak. Mengkonsumsi gorengan & segala sesuatu yg digoreng bukanlah pilihan bijak untuk Anda yg se&g dalam jadwal recovery dari jerawat. So, hindari aneka gorengan untuk bisa sembuh dari nanah lebih cepat.

#3 Makanan Mengandung MSG
Apa hubungan MSG & jerawat? Bagi poin ketiga ini bekerjsama masih kontroversial alasannya ialah lebih bersifat individual. Pada beberapa orang yg sensitif terhadap MSG, mereka akan mendapat imbas samping kurang mengenakkan sesudah konsumsi MSG dalam kadar tertentu. Beberapa imbas samping yg muncul bisa jadi rasa tidak enak di mulut, mual, hidung gatal, & juga munculnya nanah di ba& & wajah.

#4 Junkfood
Apa hubungan junkfood & jerawat? Hindarilah konsumsi junkfood alasannya ialah masakan ini sanggup memperlambat proses metabolisme badan Anda. Di dalam junkfood terdapat kandungan banyak sekali zat yg tidak sehat bagi tubuh, salah satunya lemak trans atau lemak jenuh. Hindarilah jenis masakan yg satu ini biar proses pengeluaran racun & sisa metabolisme dari badan Anda berjalan mulus.

#5 Mie Instan
Apa hubungan mie instan dengan jerawat? Berikut ia masakan sejuta umat yg aku yakin semua tahu ibarat apa bentuknya. Hihi... Iya bukan? Apesnya mie instan ternyata masuk dalam kategori masakan yg bisa memperparah jerawat. Duh! Kandungan MSG, pengawet, & banyak sekali zat kimia lainnya bisa memperlambat metabolisme Anda. Makanya stop dulu makan mie instan hingga nanah Anda benar-benar sembuh.

#6 Mie Ayam & Bakso
Apa hubungan mie ayam & bakso dengan jerawat? Anda penggila mie ayam & bakso? Sawi & taugenya sih manis untuk jerawat, tapi terigunya? MSGnya? Ah daripada nanah tak kunjung padam lebih baik jangan makan ini dulu deh.

#7 Permen Coklat
Apa hubungan permen coklat & jerawat? Coklat mengandung banyak antioksi& & baik untuk kulit, itu betul. Akan tetapi bila sudah bermetamorfosis permen coklat maka lain lagi ceritanya. Permen coklat mengandung banyak gula & juga tambahan susu di dalamnya. Berita buruknya, keduanya bisa menciptakan nanah Anda kian subur.

#8 Kue Manis
Apa hubungan cake & jerawat? Kue dikatakan enak & enak alasannya ialah ia manis. Coba saja kalau camilan manis tidak manis niscaya semua orang akan eneg memakannya. Hehe... Kandungan gula berlebih di dalam setiap cake manis akan dirubah menjadi lemak di dalam tubuh. Sudah tahu kan kalau kelebihan lemak dalam badan bisa muncul dalam bentuk jerawat?

#9 Karbohidrat Tinggi
Apa hubungan karbohidrat & jerawat? Karbohidrat mengakibatkan jerawat? Lebih tepatnya mengakibatkan nanah secara tidak langsung. Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa di dalam darah kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Asupan karbohidrat dalam jumlah berlebih sanggup mengakibatkan timbulnya jerawat. 

Bagi Anda yg mempunyai problem resistensi insulin, konsumsi karbohidrat bisa berakibat pada jerawat. Apabila Anda mengalami nanah sesudah konsumsi karbohidrat dalam jumlah tertentu, sebaiknya pergilah ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan Anda.

#10 Nasi Goreng
Apa hubungan nasi goreng dengan jerawat? Nasi sudah mengandung karbohidrat, masih digoreng? Artinya kombinasi karbohidrat & juga lemak. Belum lagi kalau Anda masih menambahkan MSG ke dalamnya. 

Pada kondisi tertentu, badan tidak bisa mengolah karbohidrat dengan baik, apalagi bila dibarengi dengan minyak. Makara kalau Anda merasa nanah Anda bertambah setiap makan nasi goreng, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan ini.

#11 Susu Full Cream
Apa hubungan susu full cream dengan jerawat? Susu full cream mengandung lemak dalam jumlah yg cukup besar. Kelebihan asupan lemak akan berefek pada timbulnya nanah di permukaan kulit. Bagi Anda yg se&g berjuang melawan jerawat, susu full cream bukanlah mitra yg baik.

#12 Es Krim
Apa hubungan es krim dengan jerawat? Es krim pastinya mengandung gula & susu yg jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit kan? Demi kesembuhan yg lebih cepat, katakan tidak pada es krim.

#13 Santan Kental
Apa hubungan santan dengan jerawat? Kenapa santan kental masuk dalam daftar? Jawabannya ialah alasannya ialah kandungan lemak di dalamnya. Tahukah Anda bahwa di dalam santan kental terdapat lemak nabati yg cukup besar? Lebih bijak untuk menghindari aneka masakan dengan materi santan kental selama masa penyembuhan dari jerawat.

#14 Makanan Berlemak
Apa hubungan masakan berlemak dengan jerawat? Sekali lagi aku katakan, lemak hanya baik bagi badan bila tidak dikonsumsi melewati batas. Lagipula lemak terbagi menjadi dua yaitu lemak jenuh & lemak tak jenuh. Nah, untuk Anda yg se&g dalam problem jerawat, masakan berlemak ini musuh besar yg harus dijauhi.

#15 Sambal Goreng atau Balado
Apa hubungan masakan pedas dengan jerawat? Makanan pedas akan memicu kelenjar sebasea untuk memproduksi minyak lebih banyak. Ketika mengkonsumsi masakan pedas, suhu badan akan meningkat & badan akan meresponnya dengan berusaha menurunkan suhu tubuh. Pori-pori kulit akan terbuka lebar & Anda mulai berkeringat. 

Pada ketika ibarat ini debu akan masuk dengan mudahnya bersama gerombolan basil jerawat. Keesokan harinya jerawatpun tumbuh subur. Uh!

#16 Garam
Apa hubungan garam dengan jerawat? Mengapa garam bisa mengakibatkan jerawat? Apa hubungan antara nanah & garam? Biar aku jelaskan sedikit berdasarkan yg aku ketahui. 

Saat badan mengkonsumsi terlalu banyak garam, ini akan menjadikan fenomena kulit kering. Dalam kondisi ini badan akan bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak. Dengan demikian pori akan terbuka lebar & mengizinkan debu & basil masuk. Selanjutnya nanah akan bermunculan.

Makanan Penghilang Jerawat
Kalau Anda mencari di Google dengan keyword masakan penghilang nanah atau masakan yg bisa menghilangkan nanah maka kebanyakan hasil pencarian yg muncul tidak akan begitu banyak yg relevan. Karena intinya tidak ada yg namanya masakan penghilang jerawat.

Konsep yg betul ialah masakan sehat yg menciptakan badan sehat. Ketika kondisi badan normal secara keseluruhan otomatis nanah pada minggir alasannya ialah banyak sekali zat sampah serta toksin alias racun akan dibuang dengan sempurna. 

Iya dibuang, bukannya ditabung terus-menerus. Hehe... Berikut sudah aku buktikan sendiri alasannya ialah aku ini salah satu alumnus universitas JERAWATAN #ehh. 

Selama aku jerawatan parah bertahun-tahun & muter pakai krim ini & itu, aneka sabun antahberantah (apasih) karenanya aku bertemu pintu hidayah. Kuncinya ada di sayuran & buah-buahan ditambah acara fisik yg memadai, plus jangan lupa bahagia. SURE! 

Tambahan, jaga kebersihan kulit pakai sabun herbal. Jaga kelembaban kulit dengan produk herbal juga. Ingat, jangan herbal abal-abal yg belum jelas!

Well, itu ia diet untuk menghilangkan nanah ala saya. Sebelum tetapkan untuk membeli produk ini & itu sebaiknya Anda pahami dulu apa akar dari problem nanah Anda. Apakah itu bermula dari penggunaan kosmetik tertentu atau konsumsi masakan tertentu? Atau nanah Anda bermula dari stress berkepanjangan? Setiap nanah mempunyai penyebab yg berbeda. Bagi itu cara mengatasinya pun berbeda pula.

Apabila Anda kemarin bertanya-tanya masakan penyebab nanah apa saja, semoga daftar di atas sanggup menjawab pertanyaan Anda dengan baik. Sekian dulu artikel perihal masakan penyebab nanah yg bisa aku sampaikan untuk Anda. 

Semoga goresan pena ini bermanfaat & hingga berjumpa kembali di artikel edisi berikutnya, insyaa Allah. Stay tune! ^_^

(diens)

Diet Bagi Penderita Infeksi Agar Cepat Sembuh, Berikut Pantangannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29