Jumat, 25 Oktober 2019

Apa Yang Menciptakan Infeksi Susah Sembuh Dan Bagaimana Mengatasinya???

 Permasalahan kulit yg selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para sampaumur Apa Yang Membuat Jerawat Susah Sembuh & Bagaimana Mengatasinya???

Siapa yg tidak tahu jerawat? Permasalahan kulit yg selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para sampaumur unyu yg lagi aktif-aktifnya dengan segu&g kegiatan mereka. Kenapa aku dapat katakan jerawat itu momok? 

Jawabannya ialah sebab aku yakin 100% tidak ada orang di dunia ini yg menyukai jerawat. Setuju? Saya secara pribadi jujur berkata bahwa aku paling sebal kalau sudah ada jerawat muncul di wajah, apalagi di hidung. 


Kebiasaan Buruk yg Menyebabkan Jerawat


Jerawat memang dapat muncul sebab banyak sekali penyebab. Pada hari ini aku akan membahas secara detail faktor utamanya saja yg paling fatal & banyak diabaikan. 

Secara umum, ada beberapa faktor penting yg menjadi biang kerok munculnya jerawat. Kabar buruknya, tidak semua orang mau memahami persoalan sederhana ini. Hasilnya, jerawat yg diderita pun tidak kunjung sembuh.

Tahukah Anda kebiasaan jelek apa saja yg dapat mengakibatkan jerawat? Hayoo kira-kira kebiasaan sehari-hari yg menyerupai apa nih yg menjadi pemicu utamanya. Apakah itu dari contoh hidup, contoh makan, atau contoh apa hayoo?

Oke. Jerawat adalah sebuah proses pera&gan kronis dari folikel rambut di kulit & kelenjar minyak di dalamnya. Kalau pera&gan sudah sukses maka hasilnya ialah semacam jerawat di muka yg punya nama keren 'acne'. 

Oh jadi jerawat itu termasuk proses inflamasi (pera&gan) ya? Iya betul sekali. Nah kini coba renungkan kenapa dapat hingga terjadi inflamasi menyerupai itu? Di sini ada 6 penyebab utama yg akan kita bahas, yaitu:

#1 Main Handphone
Smartphone sudah menjadi cuilan dari gaya hidup anak zaman millenial. Barang yg satu ini tampaknya tidak pernah tertinggal setiap akan bepergian ke mana saja. Coba Anda ingat-ingat berapa kali tangan Anda menyentuh handphone dalam sehari? Bisa jadi tidak terhitung saking banyaknya kan? 

Tangan Anda memegang macam-macam benda sepanjang hari. Mungkin handphone menjadi salah satu barang yg paling sering dipegang. Misalnya, habis pegang uang buat bayar es cappucino cincau, terus lanjut pegang handphone.  

Lagi santai di kamar, tidak lupa sambil baca webtoon di smartphone juga. Sore hari cek sosial media via smartphone juga. Terus saja tangan Anda asyik menyentuh gadget menyerupai itu hingga kesannya smartphone Anda kehabisan baterai.

Asyik banget deh kalau sudah pegang smartphone. Akan tetapi tahukah Anda berapa banyak kuman & basil yg berlalu-lalang di permukaan ponsel Anda itu? Ribuan, jutaan, milyaran? Pokoknya sangat banyak. 

Apesnya kita jarang mempertimbangkan ini sebagai penyebab jerawat. Coba deh diingat pernah kan lagi main smartphone terus keringetan, otomatis tangan meluncur ke muka, mengelap keringat. Pas lagi serius nonton DraKor tiba-tiba handphone menjerit, eksklusif angkat telepon. Nempel deh itu gerombolan kuman & basil pada transmigrasi semua ke pipi kita. Hasilnya? Jerawat!

#2 Peningkatan Sebum
 Permasalahan kulit yg selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para sampaumur Apa Yang Membuat Jerawat Susah Sembuh & Bagaimana Mengatasinya???


Sebum itu apa ya? Sebum ialah suatu zat yg diproduksi oleh kelenjar sebasea (sebaceous gland) atau kelenjar minyak di kulit kita. Dimana letak kelenjar minyak? Kelenjar minyak terletak persis di bawah permukaan kulit kita & melekat pada folikel rambut. 

Bisa dilihat pada gambar di atas bagaimana kelenjar sebasea menempel pada folikel rambut. FYI, seluruh permukaan kulit kita ini ditumbuhi rambut halus lho guys. Termasuk kulit wajah juga pastinya.

Tekstur sebum ini menyerupai lemak atau lilin. Dalam jumlah normal sebum berfungsi untuk melembabkan kulit serta melindunginya dari banyak sekali bakteri. Namun ketika kelenjar sebasea kita memproduksi sebum dalam jumlah berlebih, di sini persoalan kulit mulai timbul.

Sebum dalam jumlah yg terlalu banyak akan menciptakan wajah kita jadi sangat berminyak, terutama di area sekitar hidung, dahi, & juga dagu. Ketika sebum ini bercampur dengan sel kulit mati yg menumpuk maka di situlah pori-pori akan tersumbat. 


Kondisi pori yg tersumbat alias mampet begini menciptakan fatwa oksigen juga terhambat. Akhirnya kondisi lingkungan di situ jadi anaerob deh! Anaerob ialah istilah medis untuk menjelaskan kondisi lingkungan yg minim oksigen. Then another bad news is...kondisi lingkungan yg anaerob ini sangat disukai oleh bakteri. 

Kombinasi lingkungan yg anaerob, disandingkan dengan sebum yg banyak, ditambah duet janjkematian antara sel kulit mati, kotoran, & basil di kulit kita pada kesannya menjadikan reaksi inflamasi di kulit. 

Jerawat mulai tumbuh subur sebab basil menemukan lingkungan tepat. Lingkungan anaerob menciptakan basil nyaman & sebum ini ialah makanan enak buat bakteri. Selama kondisi kulit masih begitu, selama itu pula jerawat betah.

Seperti itulah hubungan kuat antara sebum & jerawat. Lanjuuut ke poin berikutnya!

#3 Makanan Manis
Apakah benar makanan manis mengakibatkan jerawat? Makara ternyata penyebab jerawat bukan gorengan ya guys. Soalnya masih belum terperinci hubungan langsungnya antara gorengan dengan terbentuknya jerawat menyerupai apa. Mungkin kalau kita makan gorengannya sambil ditempel di pipi, dapat eksklusif jadi jerawat besoknya. Hihi...

Bagaimana hubungan makanan manis & jerawat? Hubungan mereka baik-baik saja. Setelah mencar ilmu hingga ke negeri China #halah kesannya aku menemukan fakta bahwa ternyata makanan & minuman manis dapat memicu jerawat. 

Berikut ada penjelasannya secara medis. Seperti ini guys, ketika kita mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak, maka di dalam badan akan terjadi peningkatan produksi insulin untuk mencerna gula supaya kadar gula dalam darah tetap normal. 

Kabar buruknya, peningkatan produksi insulin akan meningkatkan produksi sebum di permukaan kulit. Ujung-ujungnya jerawat lagi deh!

Baca juga: Diet untuk Penderita Jerawat, Harus Cermat Memilih Makanan

#4 Malas Cuci Muka
Apakah kaitan antara malas cuci muka dengan jerawat? Mari kita telusuri secara logika & juga secara medis kenapa kebiasaan malas mencuci muka dapat mengakibatkan jerawat. 

Setiap hari kulit kita yg tidak tertutup oleh pakaian ini terpapar udara yg di sana ada asap & debu. Iya bukan? Bahkan di dalam ruangan sekalipun udaranya mustahil bebas dari polusi & debu. So, untuk menjaga kulit dari serangan jerawat, otomatis kita harus rajin membersihkan muka setiap hari.

Logikanya, pori yg tersumbat oleh semua yg aku sebutkan tadi itu akan menciptakan lingkungan kulit kita menjadi anaerob atau kekurangan oksigen. Kemudian...


Kalau lingkungan kulit sudah menyerupai itu maka kulit pun akan menjadi kawasan yg sangat nyaman untuk para basil berkembangbiak meneruskan kelangsungan hidupnya. Akhirnya terjadilah inflamasi & datanglah si jerawat tanpa diun&g.

#5 Produk Rambut
What! Produk rambut mengakibatkan jerawat??? Iya guys, ini fakta yg harus kalian terima. Kenyataannya, pemakaian aneka produk hair care secara seenaknya akan menjadikan imbas samping JERAWAT. Aneka produk perawatan rambut baik itu shampoo, pomade, hair spray, atau bahkan vitamin dapat mengun&g jerawat ke wajah kita.

Produk perawatan rambut dirancang khusus hanya untuk kulit kepala kita saja. Kalau produk hair care Anda hingga mengenai kulit wajah maka akan segera timbul yg namanya reaksi pera&gan di kulit. 

Permasalahan yg paling umum muncul ialah jerawat. So, pastikan produk perawatan rambut yg Anda gunakan tidak bleber ke wajah ya?! Terlebih untuk yg berkulit sensitif.

#6 BAB Tidak Lancar
Tubuh kita setiap hari niscaya menghasilkan sampah sisa metabolisme berupa feses, kecuali Anda tidak pernah makan. Hehe... Sampah kita yg nama biologisnya ialah feses ini akan ditampung di usus besar sebelum kesannya dibuang lewat anus. 


Tubuh yg sehat akan mengeluarkan sampah ini secara teratur setiap hari. Kalau proses BAB tidak terjadi secara teratur maka akan jadi masalah. Apesnya, persoalan itu juga akan mempengaruhi kulit Anda.

Usus besar mempunyai fungsi penyerapan. Ketika feses tidak dikeluarkan dari sana, usus besar akan menyerapnya kembali. Hasil dari perembesan ulang ini akan diedarkan kembali melalui pembuluh darah, padahal isinya hanya zat sampah. Lalu apa yg terjadi? 

Pada tingkat yg lebih parah badan dapat mengalami keracunan. Bagi tingkat yg masih terbilang se&g, racun ini akan masuk ke pembuluh darah & mencari jalan lain untuk keluar. Coba tebak racun ini akan keluar lewat mana? 

Ya benar sekali. Salah satunya lewat pori-pori kulit dalam bentuk jerawat! So, hingga di sini dapat dipahami kan betapa pentingnya buang air besar secara teratur?

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Membandel

Ternyata persoalan jerawat ini bukan hanya soal minyak atau hormon saja lho. Setelah dikaji lebih dalam, mengatasi jerawat ternyata tidak sesulit apa yg selama ini Anda baygkan. Lebih dari itu, penyebab jerawatnya juga ternyata sangat sederhana kok. 

Berhubung aku sudah membeberkan semua hal yg menciptakan jerawat susah sembuh di atas tadi, kini kita lanjutkan dengan cara mengatasinya.

Coba kini Anda renungkan, apakah selama ini kita melsayakan kebiasaan-kebiasaan yg aku sebutkan di atas? Kalau jerawat Anda berakar di kebiasaan jelek tersebut, mari aku beritahukan cara mengakhiri riwayat jerawat Anda.
  
#1 Jangan Makan Manis
Makanan manis memang enak & menggoda, sangat menggoyg pengecap pokoknya. Akan tetapi ingat lagi tujuan Anda untuk menyembuhkan jerawat di wajah elok Anda itu. 

Makan gula secara berlebihan akan menciptakan kulit jauh lebih berminyak & ini dapat memicu kemunculan jerawat. Amannya, batasi asupan gula sebanyak 2 sendok makan saja per hari. Sekali lagi, demi kesehatan kulit Anda!

#2 Cuci Muka 
Investasi pertama yg perlu Anda lsayakan ialah mencuci wajah dengan higienis & benar. Kalau hanya membasuh sekenanya tampaknya tidak akan begitu besar lengan berkuasa pada kondisi jerawat Anda. Lsayakanlah sesuai kebutuhan secara rasional contohnya dua kali sehari ketika pagi & malam sebelum tidur. Jangan berlebihan!

Baca juga: Cara Mencuci Muka yg Benar untuk Wajah Bersih Sempurna

 #3 Olahraga
Wajah yg jerawatan sudah niscaya ya ada yg salah dengan badan orang itu. Kalau problem utamanya ialah toksin yg menumpuk, maka olahraga sangat dapat dikamulkan untuk membantu mengeluarkan toksin lewat keringat. 

Selain itu olahraga juga dapat menciptakan kita jadi lebih senang dengan menekan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Terlebih kalau dilsayakan bersama teman & orang-orang terkasih tentu lebih menyenangkan. Jangan lupa berolahraga guysss?!!

#4 Perhatikan Produk Rambut
Ketika menggunakan produk hair care apapun maka usahakan jangan mengenai kulit wajah. Perhatikan hal sepele ini & mulai lihat hasilnya pada wajah Anda.
  
#5 Hindari Sinar Matahari Intensitas Tinggi
Kenapa harus menghindari sinar matahari? Perlu digarisbawahi di sini bahwa sinar matahari yg berbahaya bagi kulit ialah sinar matahari pada jam tertentu, yaitu jam 10 pagi hingga dengan 3 sore. 

Radiasi sinar ultraviolet juga dapat memicu inflamasi kulit, maka dari itu usahakan untuk menghindarinya atau menggunakan tabir surya sebagai pelindung kulit.

Baca juga: Apa Perbedaan Sunblock & Sunscreen?

#6 Hati-hati Memegang Ponsel
Meski smartphone sudah menjadi kebutuhan kita, tetaplah berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan pernah izinkan tangan Anda atau tangan siapapun menyentuh kulit Anda sehabis memegang smartphone, apalagi menempelkan smartphone ke kulit. Waduh bisa-bisa pada transmigrasi ke pipi semua itu basil di smartphone! LOL

#7 Santai
Last but not least! Cara terakhir untuk mendepak jerawat dari hidup Anda ialah be relax. Rileks saja, jangan hingga stress. Belum lupa kan kalau kortisol juga dapat meningkatkan pera&gan? Cobalah untuk lebih santai dengan mendengarkan musik instrumental, meditasi, atau mencoba beberapa pose yoga.

Itulah semua yg aku ketahui ihwal penyebab jerawat sulit sembuh & cara mengatasi jerawat yg sukar sembuh. Seperti yg sering aku katakan bahwa ketika badan Anda sehat maka kecantikan pun akan terpancar secara alami. Poin penting pertama yg harus ditanamkan dalam hati ialah menjaga kesehatan.

At last, supaya goresan pena ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikannya pada orang-orang di sekitar Anda yg membutuhkan informasi seputar cara alami menyembuhkan jerawat menahun. 

Sampai berjumpa kembali di tulisan-tulisan aku selanjutnya. Selamat mencoba tipsnya & good luck for you! Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait artikel di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^


(diens)

Apa Yang Menciptakan Infeksi Susah Sembuh Dan Bagaimana Mengatasinya??? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29