Senin, 12 Agustus 2019

Berat Tubuh Berlebih Ketika Hamil? Awas Ancaman Mengincar!!!

 Hari ini aku akan menyebarkan dongeng perihal laju pertambahan berat ba& ketika hamil Berat Ba& Berlebih Saat Hamil? AWAS Bahaya Mengincar!!!

Hello, selamat tiba di blog saya! Hari ini aku akan menyebarkan dongeng perihal laju pertambahan berat ba& ketika hamil. Ada banyak sekali ibu maupun calon ibu yg gundah dengan berat ba& yg tak tentu. Misalnya saja ketika berat ba& turun ketika hamil trimester kedua. Kenapa sanggup menyerupai itu ya? Hmm...

Pertambahan Berat Ba& Normal

Sebagai salah satu bentuk kasih sayg Anda sebagai seorang ibu sebelum sang buah hati terlahir ke dunia, sebaiknya kenali pertambahan berat ba& ibu hamil yg normal. Berikut penting guna memantau berat ba& janin yg ideal.

Dengan mengetahui berapa batas kenaikan berat ba& ketika hamil, Anda sanggup terhindar dari aneka macam duduk kasus kesehatan yg mungkin terjadi akhir pertambahan berat ba& yg tak terkendali. Misalnya saja obesitas & diabetes gestasional (diabetes yg terjadi di sepanjang kehamilan).

Kondisi ibu hamil dengan keluhan diabetes semasa hamil di atas akan pribadi diturunkan pada sang bayi lho. Tentu Anda tidak ingin bukan kalau bayi Anda lahir dalam kondisi mengidap diabetes akhir kecerobohan Anda? Bagi itu, pengetahuan dasar ini semoga akan bermanfaat bagi Anda.

Berat Ba& Hamil Terdiri dari Apa Saja?

Mungkin Anda ingin tau dengan besarnya perut seorang ibu yg tengah mengandung. Mengapa berat ba&nya sanggup bertambah sekian banyaknya. Sebenarnya lari ke mana saja jumlah tersebut? Mari kita simak perkiraannya melalui klasifikasi berikut.

Dilansir dari situs alodokter, asumsi kenaikan berat ba& ibu hamil terdiri dari beberapa poin pembagian, yaitu:
1. Bayi : 3-3,6 kg
2. Plasenta 0,7 kg
3. Air ketuban 1 kg
4. Payudara 1 kg
5. Rahim 1 kg
6. Peningkatan volume darah 1,4-1,8 kg
7. Peningkatan volume cairan 1,4-1,8 kg
8. Ca&gan lemak 2,7-3,6 kg

Total kenaikan berat ba& ibu hamil selama 9 bulan ternyata terdiri dari beberapa bab loh Bun. So, masuk akal banget kan kalau jumlah kenaikannya tidak mengecewakan banyak? Hehe... Sekarang sudah tidak ingin tau lagi dong ya sesudah tahu fakta di atas. Alhamdulillah!

Cara Menghitung Berat Ba& Ideal Saat Hamil

Perhitungan kenaikan berat ba& yg ideal pada ibu hamil sanggup dilsayakan dengan rumus sederhana yg akan aku uraikan berikut ini. Anda sanggup menghitungnya sendiri dengan derma kalkulator.

Sebelum menghitung pertambahan berat ba& yg masuk akal pada ibu hamil tersebut, Anda perlu mengetahui bahwa jumlah kenaikan ideal pada setiap ibu berbeda-beda. Ada faktor indeks massa badan (Body Mass Index) yg menjadi dasar perhitungannya. Lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut;

Pertama-tama, Anda perlu menghitung indeks massa badan masing-masing ya. Berat ba& yg dipakai yaitu berat sebelum hamil. Kalau lupa boleh juga menggunakan berat ba& di awal kehamilan. Rumus kenaikan berat ba& ibu hamil yaitu menyerupai di bawah ini:

BMI=(BB)/(TBxTB)
berat ba& (dalam kilogram) : kuadrat tinggi ba& (dalam meter)

Contoh: Misal berat ba& bunda 50 kg & tinggi ba& 160 cm maka BMI bunda yaitu (50)/(1,6x1,6)=19,53

Keterangan : BMI abreviasi dari Body Mass Index
                    TB abreviasi dari Tinggi Ba&
                    BB abreviasi dari Berat Ba&

Nah, menyerupai itulah teori kenaikan berat ba& ibu hamil. Apabila sudah tahu berapa jumlah indeks massa badan Anda maka kini mari lanjut menghitung pertambahan berat ba& yg ideal untuk ibu hamil sesuai dengan indeks massa tubuhnya. Di sini kita menggunakan cara yg direkomendasikan dari Institute of Medicine (IOM) ya moms.

1. BMI di bawah 18,5
Bagi Anda yg mempunyai indeks massa badan sebelum hamil di bawah angka 18,5 itu artinya Anda mempunyai berat ba& di bawah normal. Tubuh Anda termasuk ke dalam kategori underweight atau kekurangan berat ba&.

Stkamur kenaikan berat ba& ideal yg sebaiknya dicapai oleh ibu yg kekurangan berat ba& sepanjang masa kehamilan yaitu 12 hingga dengan 18 kg. Jumlah ini dihentikan hanya asal bertambah lho, melainkan harus didapatkan dari asupan masakan bergizi seimbang.

Selain itu, teruslah memantau pertambahan berat ba& janin melalui investigasi ultrasonografi (USG). Mengapa investigasi tersebut dibutuhkan? Terka&g ada ibu yg berat ba&nya terus naik namun berat ba& janin tidak mengalami kenaikan. Berikut merupakan kondisi yg harus diantisipasi.

Supaya janin tumbuh dengan baik & mempunyai berat ba& sesuai dengan stkamur normal, rajin-rajinlah melsayakan investigasi rutin ya Bun. 

2. BMI 18,5 hingga dengan 24,9
Apabila Anda mempunyai indeks massa badan di angka ini maka Anda tergolong mempunyai berat ba& ideal. Kenaikan berat ba& yg direkomendasikan untuk para calon ibu dengan indeks BMI 18,5-24,9 yaitu 11-16 kg.

3. BMI 25 hingga dengan 29,9
Angka di atas menunjukkan bahwa Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat ba& alias overweight. Kenaikan berat ba& ketika hamil yg direkomendasikan yaitu antara 7-11 kg saja.

Meski belum masuk kategori mengidap obesitas, alangkah baiknya kalau Bunda lebih berhati-hati. Beberapa perjuangan yg sanggup ditempuh diantaranya mengurangi konsumsi gula & karbohidrat, perbanyak olahraga & masakan berserat. Contohnya buah & sayuran.

4. BMI di atas 30
Saat indeks massa badan Anda berada di atas angka 30 maka itu artinya Anda sudah mengalami obesitas. Kenaikan berat ba& ideal untuk ibu hamil dengan kondisi obesitas yaitu 5-9 kg saja.

Apabila Anda termasuk ke dalam kategori ini, langkah yg sanggup ditempuh yaitu berkonsultasi dengan dokter seorang jago kandungan yg menangani Anda. Tanyakan metode diet apa yg cocok untuk Anda jalani semoga kehamilan Anda tetap lancar & bayi Anda juga sehat.

Berat Ba& Ibu Hamil Sebaiknya Naik Berapa Kilo per Bulan?

Jumlah kilogram kenaikan berat ba& ini pada umumnya akan berbeda-beda satu sama lain. Akan tetapi Anda sanggup mengambil garis besar sebagai panduan untuk menghitung kenaikan berat yg ideal.

Pada trimester pertama kehamilan, kenaikan berat belum begitu signifikan. Idealnya, ibu hamil pada trimester ini mengalami kenaikan berat ba& sebanyak 0,5 hingga 2,5 kg saja & tidak lebih.

Apabila berat ba& turun ketika hamil trimester pertama, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Beberapa ibu hamil muda akan mengalami morning sickness pada awal kehamilannya & itu mempengaruhi kesehatannya secara umum.

Mungkin Anda ingin tau kan kenapa berat ba& turun ketika hamil muda? Efek berupa penurunan berat ba& sebesar 2-3 kg ketika trimester pertama sanggup dikatakan masuk akal terjadi akhir mual muntah itu tadi.

Nah, yg paling penting sesudah trimester pertama berlalu, kenaikan berat ba& Anda harusnya terus naik secara ideal. Naiknya berat ba& sebesar 0,5 kg per ahad merupakan jumlah yg direkomendasikan.

Kenaikan Berat Ba& Ibu Hamil Kembar

Apakah cara menghitung kenaikan berat ba& ibu dengan kehamilan anak kembar sama menyerupai cara di atas? Tentu saja tidak. Apabila Anda hamil anak kembar, ikuti panduan di bawah ini;


  1. BMI 18,5-24,9 kenaikan idealnya 17-25 kg
  2. BMI 25-29,9 kenaikan idealnya 14-23 kg
  3. BMI 30+ kenaikan idealnya 11-19 kg

Seperti itu kalkulator berat ba& ibu hamil & janin untuk ibu dengan kehamilan anak kembar. Sedikit berbeda dengan kehamilan tunggal ya moms.

Kelebihan Berat Ba& Saat Hamil

Kenaikan berat ba& memang merupakan sebuah hal yg harus dialami oleh semua ibu hamil. Apabila ibu hamil tidak mengalami kenaikan berat yg ideal maka sanggup berakibat pada kelahiran prematur & berat lahir bayi rendah.

Namun meski harus naik, jumlahnya juga dihentikan terlalu banyak. Faktanya, ibu dengan berat ba& berlebih mempunyai resiko yg tidak kalah mengerikan lho. Apa saja resiko ibu hamil dengan kelebihan berat ba&? Diantaranya sebagai berikut;
1. Keguguran
2. Diabetes gestasional
3. Infeksi
4. Kehamilan berkepanjangan
5. Preeklampsia

Ngeri juga kan ancaman kelebihan berat ba& ketika hamil. Ibu hamil yg kelebihan berat ba& terancam punya jabang bayi dengan ukuran besar. Walau bayi dengan pipi chubby memang lucu nan menggemaskan, janin yg terlalu besar sanggup menyulitkan proses persalinan Anda nantinya.

Apabila sudah terlanjur menyerupai ini kemudian apa yg sebaiknya Bunda lsayakan? Tentu mencari cara bagaimana cara mengatasi kelebihan berat ba& ketika hamil. Beberapa tips di bawah semoga sanggup membantu.

Cara Mengatasi Kelebihan Berat Ba& Ibu Hamil

Kebetulan di sini aku mengalami hal yg sama dengan Anda yaitu pertambahan berat yg terlalu bombastis di simpulan kehamilan. Nafsu makan yg meningkat tajam aku putuskan sebagai biang keroknya. Hehe

Saat ini nasi sudah menjadi bubur, maka mari kita menjadikannya bubur yg enak. Kabar baiknya nih, meski berat ba& janin tidak akan mengalami penurunan, namun mommies masih sanggup mencegahnya semoga tidak naik.

Intinya di sini berat ba& Anda sudah dihentikan bertambah sedikitpun, titik!!! Malahan kalau sanggup berat ba&nya berkurang. Memangnya bisa??? Tentu saja.

Pertanyaan berikutnya mungkin yaitu bagaimana cara diet ibu hamil yg aman? Akan aku ringkas di poin berikut. Simak kata demi kata ya?!
  1. Ubah contoh makan Anda 180 derajat
  2. Selalu berolahraga setiap hari (rekomendasi saya: jalan kaki)
  3. Ganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam (lebih baik organik)
  4. Ganti kudapan dengan buah-buahan segar (kalau sanggup yg organik)
  5. Makan dengan banyak sayur (kalau sanggup sayuran segar organik)
  6. Batasi konsumsi gula atau hindari sama sekali
  7. Ganti minyak sayur dengan VCO
  8. Cukupi kebutuhan air putih
  9. Cukup beristirahat
  10. No stress

Cara di atas yaitu cara diet ibu hamil alasannya janin besar yg telah aku praktekkan sendiri. Alhamdulillah cara tersebut termasuk diet ibu hamil yg kondusif semoga janin tidak semakin besar. Senangnya, dengan cara itu berat ba& aku sudah turun bahkan semenjak hari pertama diet. Wah!

Jadi, siapa bilang ibu hamil dihentikan diet? Asalkan cara yg dilsayakan sempurna sesuai & sudah dikonsultasikan dengan dokter seorang jago OBSGYN maka tidak ada masalah. Justru malah akan berdampak baik bagi ibu & bayi.

Takeaways

Well, kehamilan itu merupakan momen penuh keajaiban bagi seorang wanita. Terlebih bagi semua bunda yg gres pertama kali mencicipi mengandung jabang bayi. Anda niscaya akan mengusahakan segala yg terbaik bagi buah hati.

Saat berat ba& merangkak naik & ternyata sudah melebihi batas normal, jangan panik dulu. Tetaplah tenang, ajak buah hati Anda bicara dengan bahasa kasih yg penuh kelembutan. Selebihnya, hentikan segala kebiasaan jelek yg menjadi pemicu pertambahan berat itu.

Tetap semangat moms! Okay, sekian dulu ya sharing untuk hari ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat & aku ucapkan hingga jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Apabila ada pertanyaan, kritik, atau sekedar komentar terkait goresan pena di atas, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^

(diens)

Berat Tubuh Berlebih Ketika Hamil? Awas Ancaman Mengincar!!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29