Selasa, 24 September 2019

Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang


Mencegah gigi berlubang secara alami. Hari ini kita akan membahas ihwal ayat-ayat kesehatan gigi. Sambil terus membaca goresan pena ini coba Anda ingat-ingat kapan terakhir kali Anda mengalami sakit gigi? Semoga tidak pernah ya. Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh kondisi gigi berlubang yg sudah begitu parah. Satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya sakit gigi ya dengan mencegah gigi berlubang. Hmm kira-kira sulit apa tidak ya caranya?

Apa Penyebab Gigi Berlubang?
Proses terjadinya gigi berlubang tidaklah sebentar. Dibutuhkan waktu yg relatif panjang untuk bakteri-bakteri gigi hingga bisa menciptakan sebuah lubang di sana. Pada awalnya Anda tidak akan mencicipi apa-apa dikala lubang di gigi Anda gres berukuran mikroskopis. Rasa ngilu kemudian akan mulai terasa ketika lubang mikroskopis semakin banyak & melebar.



Kenapa hingga bisa ngilu? Nah, rasa ngilu di gigi terjadi ketika lubang-lubang kecil yg terdapat di sana berkontak dengan masakan atau minuman yg kita konsumsi, terutama yg mengandung gula. Substansi masakan akan menerobos masuk melalui lubang kecil tersebut hingga mengenai serabut syaraf, jauh di dalam sana. Kemudian terjadilah ngilu yg sering disebut-sebut dengan istilah gigi sensitif.



Apakah lubang mikroskopis di gigi bisa metutup lagi? Jawabannya bisa saja tapi dengan syarat. Syarat ini tidak sulit kok, malahan sangat mudah. Anda hanya butuh niat & tekad saja untuk bisa melsayakannya. Ingat ya lubang yg bisa menutup lagi yakni yg masih berukuran sangat mikro!



Tahukah Anda? Apabila sudah terjadi yg namanya 'gigi sensitif' itu artinya gigi Anda sudah berteriak meminta haknya. Sadarkah Anda kalau gigi berlubang itu yakni akhir dari sebuah 'kezaliman' yg telah Anda lsayakan pada gigi Anda dalam waktu relatif lama? 

Saya bisa menebak (bahkan memastikan) kalau orang yg menderita sakit gigi itu niscaya tidak menjaga kebersihan gigi & mulutnya dengan baik setiap hari. Saya bisa memperlihatkan pernyataan menyerupai itu lantaran aku sudah mengalaminya sendiri di waktu kecil.



Lubang di gigi tidak muncul secara asing dalam semalam. Hanya saja seringkali orang kurang menyadari tkamu-tkamu yg diberikan oleh gigi kita. Oh iya selain membersihkan gigi, sebaiknya Anda juga membersihkan plak gigi secara berkala. Tindakan tersebut akan memperlihatkan santunan gkamu pada gigi Anda.



Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang
Izinkan aku menebak ya, Anda sudah familiar kan dengan sebuah peribahasa yg berbunyi "Lebih baik mencegah daripada mengobati"? Peribahasa legendaris ini pas banget dengan tema kita hari ini. Kebetulan banget kan? Hehe...



Berdasarkan pengalaman aku ketika harus menangis lantaran sakit gigi ketika dewasa dulu, aku jadi bisa menarik sebuah kesimpulan terkait penyakit yg tergolong banyak diderita oleh orang Indonesia ini. 



Kalau gigi Anda sudah mempunyai lubang maka itu artinya problematika kehidupan  gigi telah dimulai. Maka dari itu sebelum problem melebar ke kanan & ke kiri sebaiknya Anda beraksi kini juga. Sambil menamatkan satu demi satu kata-kata yg aku tuliskan, ada baiknya Anda ketahui dulu cara merawat gigi supaya tidak berlubang.



Seperti biasanya aku lebih suka melsayakan perawatan dengan materi alami daripada kimia. Menurut aku selama masih bisa menggunakan yg alami, kenapa harus menggunakan materi kimia? Betul bukan? Berikutlah cara mencegah sakit gigi ala saya.



Pertama, selalu jaga kebersihan gigi & lisan Anda. Gigi yakni sebuah aset yg sanget berharga bagi manusia. Tanpa gigi & lisan yg sehat, hampir sanggup dipastikan kualitas hidup seseorang juga akan menurun drastis. Apa pasal? Supaya badan selalu berada pada kondisi normalnya maka kita harus selalu mengunyah masakan dengan baik. Apabila tidak, bisa diprediksi kondisi Anda akan memburuk dalam kurun waktu yg relatif cepat.



Cara membersihkan gigi yg biasa aku lsayakan bukanlah gosok gigi di pagi & sore hari berbarengan dengan dikala mandi saja. Saya menggosok gigi di waktu yg berbeda yaitu pagi hari sehabis sarapan, sore hari ketika mandi, & malam hari sebelum tidur. Kalau habis ngemil atau pas makan siang cukup berkumur saja lantaran agak ribet gosok giginya.



Sebenarnya waktu ideal untuk gosok gigi yakni setiap kali habis makan & setiap kali habis minum minuman selain air putih, terutama susu. Psst...susu pakai gula ini andal banget lho dalam hal menggerogoti gigi. Tidak percaya? Boleh silakan buktikan sendiri. Saya sudah membuktikannya dulu & balasannya sangat tersiksa.



Kedua, aku menggunakan dental floss untuk membersihkan masakan yg nyelip diantara deretan gigi. Kenapa ini penting? Karena sisa masakan yg nyelip & tidak dibersihkan akan membusuk & mengun&g bakteri. Masih ingin giginya utuh bukan? Rajinlah melsayakan dental floss. Alatnya biasa dijual di minimarket ternama.



Ketiga, Anda sanggup juga menggunakan cairan kumur dengan kandungan anti bakterial di dalamnya untuk lebih menyempurnakan pencegahan. Cairan pembersih gigi & lisan menyerupai ini biasanya dijual bebas di minimarket. Ingat ya cairan ini harus dijauhkan dari jangkauan bawah umur lantaran tsayatnya malah ditelan oleh mereka lantaran tidak tahu.



Gigi Terlanjur Berlubang
Ibarat nasi sudah menjadi bubur, gigi yg sudah berlubang (I am so sorry to say) ini tidak bisa disembuhkan. Dalam artian dikembalikan pada kondisi semula. Gigi berlubang hanya bisa dirawat sedemikian rupa supaya jangan hingga lubang bertambah besar.



Cara merawat gigi berlubang supaya tidak sakit bisa dimulai dengan cara yg sama menyerupai langkah pencegahan di atas. Namun kalau lubang sudah agak besar sebaiknya Anda meminta dokter gigi untuk menambal lubang di gigi Anda tersebut. Biaya tambal gigi berlubang bisa bervariasi tergantung kondisi pasien.



Menambal gigi juga termasuk cara mencegah sakit gigi berlubang lho. Meski memang pada kenyataannya gigi sudah berlubang, dengan menambalnya dibutuhkan lubang tidak akan terus melebar. Gigi Anda juga akan kondusif dari resiko sakit gigi. Minusnya tambal gigi yakni terka&g logam penambal bisa terlepas. Kata tetangga saya, beliau bahkan pernah tidak sengaja menelan tambal giginya yg ikut terlepas ketika beliau mengunyah makanan. Waduh!



Apabila Anda tidak segera menambal gigi maka lubang akan bertambah besar seiring berjalannya waktu. Cara menghilangkan gigi berlubang besar ya hanya satu yaitu melalui operasi cabut gigi. Oh iya meski termasuk dalam kategori operasi kecil, operasi cabut gigi juga mempunyai resiko cukup besar. Apabila posisi gigi berlubang ada di geraham atas, operasi beresiko menjadikan rusaknya syaraf di sekitarnya. Termasuk syaraf mata katanya. Horor kan?



Problem berat yg harus dipikul para penderita gigi berlubang selain sakit gigi yakni busuk lisan lantaran gigi berlubang. Berikut merupakan sebuah fakta besar yg tidak sanggup dinafikkan lagi. Lubang di gigi akan menjadi kawasan berkumpulnya sisa makanan. Sisa masakan yg terperangkap di lubang tersebut akan membusuk bersama koloni bakteri. Berikutlah yg menciptakan lisan jadi sangat bau.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut
Setelah operasi cabut gigi dilsayakan maka biasanya Anda akan merasa ada yg absurd di mulut. Berikut dikarenakan salah satu gigi Anda telah hilang. Tenang saja, rasa absurd ini akan menghilang seiring dengan terbiasanya Anda dengan gugusan gres tersebut.

Sumber sakit gigi mungkin sudah hilang di meja operasi. Tapi Anda dihentikan bersantai ria seenak hati. Permasalahan yg sama bisa saja terulang kalau Anda tidak menjaga kebiasaan baik dalam merawat kebersihan gigi & mulut. Gigi yg sehat pastilah gigi yg bersih. Apabila lingkungan gigi Anda kotor maka cepat atau lebih cepat sakit gigi akan kembali.

Sekedar warta ya guys, sakit gigi itu rasanya super ngilu. Meski sudah berlalu bertahun-tahun yg kemudian tapi aku masih ingat betul bagaimana aku hingga demam dibuatnya. Sejak dikala itu alhamdulillah aku jadi sadar & selalu berusaha untuk memenuhi hak-hak gigi & lisan aku untuk sehat. 

Tanpa gigi yg sehat dijamin Anda tidak akan bisa menikmati santapan yummy apapun. Judulnya cuma satu yaitu sakit, ngilu, cenut-cenut! Obat pereda nyeri di apotek mungkin akan meredam rasa nyeri sementara tapi INGAT!!! Obat tersebut senyatanya tidak menyembuhkan kondisi gigi Anda yg sakit (berlubang) tapi hanya meredakan nyeri sesaat.

Sebagai aset mahal, gigi & lisan harus senantiasa dilindungi & dijaga kebersihannya. Baik yg belum ataupun yg sudah terlanjur sakit giginya, kalau Anda tidak mau mengalami insiden menyerupai itu secara berulang sebaiknya praktekkan tips di atas dengan konsisten.

Semoga goresan pena ini bermanfaat & hingga jumpa di artikel berikutnya! ^_^

(diens)




Cara Alami Mencegah Gigi Berlubang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29