Rabu, 17 Juli 2019

Alasan Di Balik Pentingnya Berjalan Tanpa Bantalan Kaki Serta Bahayanya

 Aktivitas berjalan kaki sudah semakin jarang ditemui dikala ini Alasan di Balik Pentingnya Berjalan Tanpa Alas Kaki serta Bahayanya

Assalamu'alaikum, selamat tiba di blog saya! Aktivitas berjalan kaki sudah semakin jarang ditemui dikala ini. Bagi sekedar pergi membeli sabun mandi ke minimarket depan gang pun banyak yg naik motor. Padahal siapa sangka kalau ternyata berjalan kaki itu punya sejuta manfaat menakjubkan?!



Dilansir dari situs healthline.com, doktor Jonathan Kaplan menjelaskan: "Khasiat paling sederhana dari berjalan kaki secara teori ialah menciptakan Anda lebih akrab pada teladan berjalan alami Anda, yg dikenal sebagai gaya berjalan."

Saygnya remaja ini semakin langka saja orang yg mau berjalan kaki, apalagi tanpa ganjal kaki. Misalkan ada yg berjalan kaki niscaya pakai ganjal kaki. 

Bahkan di dalam rumah sekalipun masih banyak aku temui orang-orang yg menggunakan ganjal kaki khusus untuk di dalam rumah. Katanya sih biar tidak masuk angin?. Zaman memang sudah berubah ya, guys?

Tahukah Anda efek samping berjalan menggunakan sepatu? Efek menggunakan sepatu atau ganjal kaki diantaranya sanggup menghambat kemampuan badan Anda dalam menggunakan sekelompok otot yg terdapat di kaki. Padahal otot-otot tersebut sangat berperan penting dalam memperkuat tubuh.

Jadi, mulai kini yuk kenali lebih jauh apa saja manfaat yg akan Anda dapatkan jikalau berjalan tanpa menggunakan skamul ataupun ganjal kaki lainnya?! Rugi banget kalau hingga tidak tahu. 

Berikut ini ialah beberapa manfaat berjalan tanpa ganjal kaki yg sangat patut untuk diketahui;

1. Mengimprovisasi perkembangan kaki,
2. Kontrol badan lebih baik,
3. Lebih akrab dengan alam,
4. Melatih keseimbangan,
5. Berkurangnya resiko cidera,
6. Melatih kekuatan otot kaki,
7. Menstimulasi sistem syaraf,
8. Mengurangi resiko terkena serangan jantung,
9. Menstabilkan tekanan darah,
10. Membantu mencapai berat ba& ideal,
11. Menyeimbangkan mood,
12. Mendapat perasaan bahagia.


Itu gres beberapa saja yg bisa aku rasakan & aku bagi. Di luar daftar di atas aku yakin masih banyak lagi laba lainnya. Kabar buruknya, ternyata berjalan tanpa ganjal kaki juga punya sisi bahaya. Apa sajakah itu?

Bahaya Berjalan Tanpa Alas Kaki

Di samping manfaat yg banyak, kebiasaan baik ini juga punya sisi negatif. Beberapa kemungkinan cidera bisa saja terjadi pada Anda. Apalagi jikalau sebelumnya Anda telah tebiasa selalu menggunakan ganjal kaki.

Bagi orang yg tidak terbiasa berjalan tanpa alas, hal pertama yg dirasakan sudah tentu aneh. Kaki Anda belum mempunyai reflek yg baik. Akibatnya, ini akan meningkatkan kemungkinan cidera pada Anda.

Selain itu, ancaman kuman, jamur, serta bakteri yg banyak bermukim di permukaan tanah juga tak bisa diabaikan begitu saja. Pastikan untuk selalu mencuci kaki hingga higienis setiap sesudah berjalan tanpa ganjal kaki. Psst...jangan pernah berjalan tanpa ganjal kaki ketika kaki Anda tengah terluka, ya?! Sangat rawan terkena infeksi.

Bagi menghindari banyak sekali kemungkinan buruk, ada baiknya untuk melsayakan kebiasaan baik ini di lingkungan sekitar daerah tinggal Anda. Lokasi ini secara umum tentu lebih kondusif daripada tempat-tempat gres di luaran sana.

Tips Memulai Kebiasaan Berjalan Tanpa Alas Kaki

1. Mulai Pelan-pelan

Apabila Anda sudah tidak pernah berjalan telanjang kaki dalam kurun waktu yg cukup panjang maka diperlukan waktu untuk pembiasaan terlebih dahulu. Lsayakan pemanasan kecil bertahap untuk memulai kebiasaan gres ini.

2. Beri Jeda Apabila Merasakan Sakit

Akibat telah usang tidak berjalan kaki, biasanya akan timbul rasa sakit yg tidak mengecewakan mengganggu. Apabila hal ini muncul maka jangan pernah memaksakan diri. Anda bisa mengambil jeda waktu untuk beristirahat guna memulihkan kondisi kaki menyerupai semula sebelum memulai latihan kembali.

3. Mulai Dari Dalam Ruangan

Berjalan kaki di dalam rumah serta halaman ialah wangsit yg brilian untuk dipraktekkan. Selain lebih santai, Anda juga bisa sembari melsayakan kegiatan lain. Misalnya saja sambil menyirami tanaman di taman bunga?

4. Berlatih di Tempat Aman

Nah ini yg sangat penting! Pastikan area berlatih Anda telah steril dari aneka benda berbahaya yg berkemungkinan melukai Anda. Jangan lupa untuk sesekali melihat ke arah bawah, barangkali ada rintangan kan?

5. Jangan Langsung Nyeker

Bagi Anda yg sudah terlalu usang sendiri tidak berjalan telanjang kaki, aku sarankan untuk tidak eksklusif melsayakannya tanpa ganjal kaki. Anda bisa memulainya dengan skamul yg tipis kemudian perlahan-lahan mencoba berjalan tanpa skamul sama sekali. Pasti menyenangkan & menyehatkan!

Takeaways

Berjalan tanpa ganjal kaki memang sebuah fitrah bagi manusia. Namun seiring dengan tren ganjal kaki yg sudah semakin mendarah daging, berjalan tanpa ganjal kaki pun kini dianggap sebagai kebiasaan yg aneh.

Supaya tidak mengakibatkan perubahan yg terlalu mencolok, mulailah dengan perlahan. Tak ada salahnya juga untuk mengajak serta pasangan atau orangtua Anda untuk memulai kebiasaan yg sudah kian sepi peminat ini.

Perhatikan kondisi kesehatan Anda secara teliti sebelum melsayakan olahraga ringan ini ya? Pastikan kaki Anda se&g tidak dalam kondisi cidera maupun dalam kondisi yg membahayakan jikalau dipakai untuk berjalan.

Satu lagi pesan dari saya. PENTING!!! Meski berjalan tanpa ganjal kaki ini baik, perlu ditekankan di sini bahwa Anda tidak sanggup pergi tanpa ganjal kaki ke segala me&. Intinya, kegiatan ini hanya bisa dilsayakan di daerah yg aman. Oke?!

Well, sepertinya sekian dulu catatan aku untuk hari ini. Semoga coretan ini bermanfaat bagi Anda & hingga jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait goresan pena saya? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Atau mau request artikel juga boleh banget. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

Alasan Di Balik Pentingnya Berjalan Tanpa Bantalan Kaki Serta Bahayanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: abp29